Ayo Lihat Gerhana Bulan Total Pada 10 Desember 2011

10/12/2011 at 13:31 Leave a comment

Gerhana bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Itu terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi. Sebenarnya, pada peristiwa gerhana bulan, seringkali bulan masih dapat terlihat. Ini dikarenakan masih adanya sinar matahari yang dibelokkan ke arah bulan oleh atmosfer bumi. Dan kebanyakan sinar yang dibelokkan ini memiliki spektrum cahaya merah. Itulah sebabnya pada saat gerhana bulan, bulan akan tampak berwarna gelap, bisa berwarna merah tembaga, jingga, ataupun coklat.

Gerhana bulan total akan kembali terjadi di Indonesia akhir pekan ini, tepatnya hari Sabtu, 10 Desember 2011. Inilah perkiraan waktu gerhana dari astronomical almanac:Pada pukul 18.33 bulan memasuki penumbra bumi akan tampak dari bumi cahaya bulan melemah. Jika langit cerah, samar-samar dapat terlihat bayangan gelap di permukaan bulan. Pukul 19.45 bulan memasuki umbra bumi, bulan tampak terpotong, pukul 21.06 bulan seluruhnya masuk ke dalam umbra bumi, tampak bulan berwarna kemerahan, pukul 21.33 bulan berada di tengah perjalanan melintasi umbra bumi, ini puncak gerhana, tampak bulan berwarna kemerahan, pukul 21.57 bulan mulai keluar dari umbra bumi, bulan tampak terpotong, pukul 23.18 bulan seluruhnya keluar dari umbra bumi, bulan tampak bulat utuh lagi, dan pukul 00.29 bulan keluar dari penumbra bumi tampak cahaya bulan terang seperti purnama pada biasanya.

Peristiwa gerhana bulan total ini dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia. Tanpa menggunakan alat (teleskop) sekalipun, peristiwa gerhana ini tetap dapat dinikmati. Cukup dengan mencari tempat yang agak lapang agar pandangan ke arah timur tidak terhalang.

Dalam momen gerhana bulan total kali Observatorium Bosscha selain melakukan pengamatan tertutup yang dilakukan oleh staf dan mahasiswa astronomi, juga melakukan pengamatan untuk disiarkan melalui web (live streamning). Tayangan live streaming ini merupakan salah satu agenda dari jejaring pengamatan hilal. Masyarakat dapat melihat hasil pengamatan ini melalui situs http://hilal.kominfo.go.id atau di web bosscha.

Selain itu juga disediakan pengamatan untuk tamu dan publik disediakan 2 teleskop bagi masyarakat yang ingin menyaksikan gerhana bulan di Observatorium Bosscha. Teleskop yang disediakan adalah teleskop berdiameter 6 cm dan 11 cm.

Mengingat gerhana bulan ini terjadi di musim hujan, cuaca menjadi faktor yang sangat menentukan apakah gerhana bulan akan dapat terlihat atau tidak. Jika cuaca berawan, tentu gerhana bulan tidak akan terlihat.

Semoga bermanfaat.

Entry filed under: News. Tags: , .

Wajah Baru Twitter Dengan Empat Tab Utama Cara Mendownload File Dari Scribd

Terimakasih atas kunjungannya dan membaca salah satu artikel, mudah-mudahan bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar dengan baik. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya dan mengisi formulir kuisioner pada tab web about guna perkembangan blog ini di masa mendatang.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


SELAMAT DATANG SAHABAT, SEMOGA MENEMUKAN YANG ANDA CARI

Masukkan alamat email anda, guna berlangganan artikel menarik yang ada di blog ini, gratis.

JUST FOLLOW ON

Twitter Widgets
Powered By Vistaprint
Terima kasih atas kunjungannya sahabat, semua artikel yang ada disini, boleh disebar luaskan baik untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan umum, baik dengan tetap memberikan link tautan ke bloog ini maupun tidak. Semoga bermanfaat.

UNTUK SESEORANG YANG MENJADI INSPIRASI

DYGTA - KARENA KU SAYANG KAMU UNGU - KU PINANG KAU DENGAN BISMILLAH SEVENTEEN - HAL TERINDAH VIDI ALDIANO - LAGU KITA SHIFTER - KAULAH NAFASKU ***Klik tombol play diatas untuk mendengarkan.

RSS INFO TEKHNO

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

%d bloggers like this: